Ditulis oleh : Unknown Friday, July 19, 2013

Hai, Sahabat KBM Al Manshurin Pingit dimanapun anda berada. Sudahkah  anda membaca Al Qur'an hari ini??? Atau sudah kah anda mengajarkan Al Qur'an kepada orang lain?




"Sampaikanlah dariku (Nabi) walaupun hanya satu ayat"            

Al Qur'an sering kita jumpa dalam kehidupan bahkan saat ini bisa saja berada disebelah anda. Mungkin ada perumpamaan tentang Al Qur'an seperti dibawah ini.
Andai Al Qur’an bisa berbicara, maka mungkin akan berkata:
“Waktu kau masih anak-anak, kau bagaikan teman sejatiku. Kau selalu membacaku dengan nada yang nyaring, Sekarang kau telah dewasa, nampaknya kau sudah tak berminat kepadaku, apakah aku bacaan usang? yang tinggal sejarah? Sekarang kau simpan aku di lemarimu dengan rapi, dan kau biarkan aku sendiri. Kumohon peganglah aku dan bacalah aku setiap hari, karena aku akan menjadi penerang dalam kuburmu nanti !“.
Al Quran merupakan sumber dari segala sumber yang ada di dunia. Bahkan didalamnya telah banyak ditulis tentang Akhirat, tempat dimana seluruh manusia dikumpulkan setelah mati. Tapi, apakah banyak orang Islam yang mau membacanya dan mau mengamalkan isinya? Juga, apakah mereka menghafalkan Al Qur’an huruf demi huruf kata demi kata kalimat demi kalimat? Apakah mereka lebih mementingkan membaca buku, majalah, bahkan novel-novel tebal dan lupa membaca Al Qur’an? Masya Allah, hidup hanya mencari hal-hal duniawi saja tidak akan berguna karena tujuan hidup yang sebenarnya adalah mencari surganya Allah dan takut akan nerakanya Allah. Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa kita.aamiin
Al-Qur’an menurut bahasa berasal dari qara’a, yang berarti menghimpun dan menyatukan.
Dalam firman Allah didalam Al Qur’an telah dijelaskan dalam Surat Al Qiyamah ayat 17-18:

Artinya : Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.
Karena Al Qur’an telah dikumpulkan Allah menjadi satu melalui Nabi Muhammad SAW yang diberi wahyu oleh Allah dengan mengutus Malaikat Jibril untuk menuntun Nabi Muhammad SAW dalam melantunkan dan membaca Al Qur’an. Maka kita sebagai umat Islam yang diwajibkan membaca dan mengerti Al Qur’an harus senantiasa mengamalkannya sebagai wujud cinta kita kepada Allah SWT.
Al Qur’an juga memiliki nama-nama lain yang dapat memperjelas, sebagai berikut:
1.      Al Huda (Petunjuk)
“Kitab (Al Quran) ini tidak ada keragu-raguan padanya:petunjuk bagi mereka yang bertaqwa [Al Baqarah ayat 2]. Al Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia untuk selamat di dunia dan di akhirat.
2.      Al Furqon (Pembeda)
Pembeda antara yang baik dan yang buruk. Sungguh nikmat jika Allah menganugerahkah kepada kita sehingga bisa membedakan antara yang baik dan buruk, halal dan haram dan sebagainya.
3.      Ar-Rahman (Rahmat)
Sudah jelas bahwa Al Qur’an diturunkan di dunia melalui perantara agama yaitu Nabi Muhammad SAW. Karena Al Qur’an merupakan “Rahmatan lil alamin” Rahmat bagi seluruh manusia. Maka bagi manusia yang beriman manusia akan terhindar dari kebimbangan dalam hidup jika mereka ikhlas membaca dan memaknai Al Qur’an.
4.      Asy-Syifa (Obat)
Tidak salah lagi, Al Qur’an juga sebagai obat dari penyakit. Terutama penyakit-penyakit hati seperti riya(sombong), dengki, marah, menggunjing orang dll. Seseorang yang ikhlas mentadaburi, mengaplikasikan, dan mengajarkan Al Qur’an diberi kesembuhan terhadap berbagai penyakit dan akan mendapatkan pencerahan dengan hati yang bersih, jernih, sehat, dan tebebas dari segala penyakit.

Jadi, Dalam hal ini marilah kita meninggikan (mengagungkan) Al Qur’an didalam posisi sebagai pedoman hidup dalam kehidupan kita. Mulai saat ini berubahlah dan menjadi pribadi yang selalu membaca dan mengamalkan Isi Al Qur’an dengan memaknai secara benar.

{ 2 komentar... baca yang dibawah atau Komentar }

Hak Cipta © KBM al-Manshurin | Desain : Muhammad Andri Maulana (MAM Pic. Prod.)